β”πŸ“œπŸ“šπŸ“–β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”“
*Majmu’ah Riyadhussalafiyyin*
β”—β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”πŸ“–πŸ“šπŸ“œβ”›

πŸŒΎπŸŒ»πŸ“– *ADAB DALAM MENGUCAPKAN SALAM*

🌴 Al-Imam Abul Wafa ‘Ali bin ‘Aqil al-Baghdadi _rahimahullah_ (w. 513 H) mengatakan,

β˜‘ “Ucapan salam bermula dari orang yang berjalan kaki kepada orang yang duduk, serta dari orang yang berkendaraan kepada orang yang berjalan kaki dan orang yang duduk. Dan memulai (salam) dengan cara seperti ini adalah sunah.

β˜‘ Dan apabila salam diucapkan oleh salah satu dari sekelompok orang yang berjalan kaki atau berkendaraan, maka itu sudah mewakili sekelompok orang tersebut.

β˜‘ Dan apabila salah satu dari sekelompok orang yang duduk telah menjawab salam, maka itu (juga) sudah mewakili sekelompok orang tersebut.

🌱 Tata cara salam adalah (dengan mengucapkan), ‘ _Salaamun ‘alaikum_,’ dan cara menjawabnya adalah (dengan mengucapkan), ‘ _Wa ‘alaikum as-salaam_.’

🌿 Tambahan yang diperintahkan dan disunahkan adalah mengucapkan, ‘ _Wa rahmatullaahi wa barakaatuh_,’ dan tidak disunahkan menambah lebih dari itu.

⚠ Dan disunahkan hanya sampai ‘ _wa rahmatullaah_’ untuk memberi kesempatan bagi orang yang menjawab untuk mengucapkan balasan yang diperintahkan, yaitu, balasan yang lebih baik atau yang semisalnyaΒΉ dengan mengucapkan, ‘ _Wa barakaatuh_.’

🌳 Dan apabila setelah salam ada pohon atau dinding yang menghalanginya dengan orang yang diberi salam, kemudian bertemu lagi, maka disunahkan kembali mengucapkan salam. Dan demikianlah dahulu para sahabat Nabi ο·Ί melakukannya, _radhiyallahu ‘anhum_.

⚠ Dan dibenci mengucapkan salam kepada para wanita remaja, karena yang demikian itu menuntut untuk dijawab oleh mereka dan mendengar suara mereka. Dan itu bisa jadi akan menimbulkan fitnah. Betapa banyak suara yang mengalirkan hawa nafsu dan keterpikatan.

βœ… Dan tidak mengapa mengucapkan salam kepada wanita-wanita tua dan _barizat_Β² karena sudah tidak ada fitnah lagi pada suara mereka, dan karena _barizat_ perlu diberi salam dan dijawab salamnya.

βœ… Dan tidak mengapa memberi salam kepada anak-anak dalam rangka mengajari adab kepada mereka, membuat mereka mencintai akhlak yang baik, serta melatih mereka agar bagus dalam pergaulan.

πŸ›€ Dan disunahkan mengucapkan salam ketika beranjak pergi, sebagaimana disunahkan ketika masuk. Dan salam ketika masuk, lebih disunahkan.”

πŸ“š (Disadur dari: _Fushul al-Adab, hlm. 39–41_)

πŸ“‘ Oleh: Ustadz Muhammad Rofi حفظه Ψ§Ω„Ω„Ω‡

βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–

πŸ“ Catatan:

ΒΉ Beliau mengisyaratkan pada surat an-Nisa ayat ke-86.
Β² _Barizat_ adalah para wanita tua atau setengah baya yang sudah tidak lagi menutup wajahnya karena adanya hajat atau keperluan yang menuntut demikian.

_Wallahu a’lam_

βž– βž– βž– βž– βž–
πŸ•Œ _β€œTetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”_

πŸ“² *Ayo Join dan Share* :
βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–
β†˜οΈ Faedah:
πŸ“š telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
β†˜οΈ Poster dan Video:
πŸ–Ό telegram.me/galerifaedah
β†˜οΈ Kunjungi Website Kami:
🌏 www.riyadhussalafiyyin.com