::
*🚇 AGAR AKIDAH DAN AMAL LURUS DAN SHAHIH*
[Kewajiban Mempelajari Akidah dan Syariat secara Terperinci]

_Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan –hafizhahullah-_

*PERTANYAAN:*

*_Apa kewajiban yang harus diketahui seorang muslim dari agamanya, tentang akidah dan syariat?_*

*JAWABAN:*

🗒 “Wajib atas seorang muslim untuk memahami *seluruh permasalahan agamanya*, akidah dan syariat, dengan mempelajari *permasalahan-permasalahan akidah, apa yang wajib padanya, apa yang berlawanan dengannya, apa yang menyempurnakannya, dan apa yang mengurangi kadarnya*. Sehingga akidahnya menjadi akidah yang shahih dan selamat.

🗒 Wajib pula atasnya untuk mempelajari hukum-hukum agama yang amaliyah. Sehingga ia mampu menunaikan apa yang Allah wajibkan dan meninggalkan apa yang Allah haramkan atasnya, dengan dasar ilmu.

Allah Ta’ala berfirman:

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ﴿١٩﴾

_Maka *ketahuilah*, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilaah (sesembahan Yang Haq) melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan._ Q.S. Muhammad: 19.

Maka (perintah dalam ayat) dimulai dari ilmu sebelum berucap dan beramal.

Sehingga, suatu kelaziman untuk berilmu dan beramal. Ilmu tanpa amalan tidak cukup. Dan orangnya akan dimurkai. Ilmunya menjadi hujjah(argumen) yang menyerang orang tersebut. Sedangkan amalan tanpa ilmu tidak sah. Sebab hal itu adalah amalan yang sesat.

Dan Allah telah memerintahkan kepada kita untuk memohon perlindungan dari jalan orang yang dimurkai dan sesat di akhir surat Al-Fatihah, di setiap raka’at dalam shalat.”

*📖 Muntaqaa Fataawa Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan, 1/ 310 – 311.*

📑 Alih Bahasa:
Al-Ustadz Abu Yahya al-Maidany hafizhahullah

••••
📶 https://t.me/ForumBerbagiFaidah [FBF]
🌍 www.alfawaaid.net | www.ilmusyari.com