::
*🚇 ATSAROH: BERSABAR MENGHADAPI PEMIMPIN YANG LEBIH MEMENTINGKAN DIRI ATAU KELOMPOKNYA*

Jauh sebelum muncul slogan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), Nabi ﷺ sudah memberikan bimbingan kepada rakyat kaum muslimin agar bersabar menghadapi penguasa muslim yang lebih mementingkan diri dan kelompoknya sendiri.

Sifat pemimpin yang demikian dalam istilah hadits Nabi disebut sebagai *atsaroh.*

Dalam sebagian hadits, Nabiﷺ membimbing kita untuk sabar menghadapi pemimpin tersebut dengan tetap menjalankan kewajiban kita sebagai rakyat yang baik, dan meminta hak kita yang banyak diambil atau terampas kepada Allah Ta’ala.

إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ بَعْدِي أَثَرَةً وَأُمُورًا تُنْكِرُونَهَا قَالُوا فَم أَدُّوا إِلَيْهِمْ حَقَّهُمْ وَسَلُوا اللَّهَ حَقَّكُمْ

_”Sesungguhnya kalian akan melihat sepeninggalku, *pemimpin yang atsaroh (lebih mementingkan diri atau kelompoknya)* dan hal-hal yang kalian ingkari. Para Sahabat bertanya: Apa yang anda perintahkan kepada kami wahai Rasulullah? Nabi bersabda: TUNAIKANLAH HAK MEREKA DAN MINTALAH KEPADA ALLAH HAK KALIAN.”_ (H.R al-Bukhari dari Abdullah bin Mas’ud)

◾️Nabi mengajarkan rakyat untuk bersabar jika melihat hal-hal yang tidak dia sukai ada pada sifat penguasa tersebut.

◾️Nabi tidak menganjurkan mereka untuk memperjuangkan haknya dengan demonstrasi atau pemberontakan.

Di dalam hadits yang lain Nabiﷺ menjelaskan bahwa kesabaran dalam menghadapi pemimpin yang lebih mementingkan diri dan kelompoknya tersebut akan menghantarkan seseorang menikmati telaga Nabi ﷺ di akhirat nanti.

سَتَلْقَوْنَ بَعْدِي أَثَرَةً فَاصْبِرُوا حَتَّى تَلْقَوْنِي وَمَوْعِدُكُمْ الْحَوْضُ

_”Kalian nanti akan menjumpai pemimpin yang lebih mementingkan diri dan kelompoknya. *Bersabarlah hingga kalian menjumpai aku*. Tempat bertemu yang dijanjikan untuk kalian adalah telaga.”_ (H.R al-Bukhari dan Muslim)

Sumber:
“WASIAT AGUNG DALAM BAIAT UNTUK BERSIKAP MENDENGAR DAN TAAT” | Ditulis oleh: Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman hafizhahullah | WA al I’tishom @salafybaturaja

••••
📶 https://bit.ly/ForumBerbagiFaidah [FBF]
🌍 www.alfawaaid.net | www.ilmusyari.com

▫▫▫▫▫▫▫