πŸ„΅πŸ„°πŸ…ƒπŸ…†πŸ„°

CARA MEMBAYAR KAFARAH SUMPAH YANG LEBIH DARI SEKALI

Pertanyaan:
Orang yang bersumpah berulang kali terhadap satu perkara yang belum ditebus, apakah setiap sumpah ditebus satu-persatu, ataukah cukup dengan satu tebusan saja? Semoga Allah membalas anda sekalian dengan kebaikan.

Jawaban:
Jika sumpahnya dalam satu perkara saja maka cukup ditebus dengan satu kafarah. Ketika dia berkata, “demi Allah aku tidak akan berbicara kepada fulan, demi Allah aku tidak akan berbicara kepada fulan, demi Allah aku tidak akan berbicara kepadanya” berulang kali, ternyata dia masih berbicara dengannya, maka dia cukup menebusnya dengan satu kafarah, karena perbuatannya hanya satu.

Atau misalkan dia berkata, “demi Allah, saya tidak akan mendatangi fulan, demi Allah, saya tidak akan mendatangi fulan, demi Allah, saya tidak akan mendatangi fulan” ternyata dia mendatanginya, maka kafarahnya hanya satu.

Adapun kalau menyangkut dua perbuatan, (misal) dia katakan, “demi Allah, saya tidak akan mendatangi fulan, demi Allah aku tidak akan berbicara kepada fulan” ternyata dia berbicara dan mendatanginya maka kafarahnya ada dua, karena masing-masing sumpah terpisah untuk perbuatan yang berbeda.

[Fatawa al-Lajnah Al-Da’imah: 24/332]
* * * * *

https://www.alifta.gov.sa/Ar/IftaContents/Pages/FatawaDetails.aspx?View=Page&PageID=6996&CultStr=ar&PageNo=1&NodeID=1&BookID=5

https://t.me/ponselmuslim/241