Lanjutan…

CEK FAKTA : BERLINDUNG KE MASJID PADA MUSIM WABAH PENYAKIT VIRUS CORONA (COVID-19)

Hadits kedua
Anas bin Malik رضي الله عنه berkata, Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda :

يَقُولُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: ” إِنِّي لَأَهُمُّ بِأَهْلِ الْأَرْضِ عَذَابًا فَإِذَا نَظَرْتُ إِلَى عُمَّارِ بُيُوتِي والْمُتَحَابِّينَ فِيَّ والْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ صَرَفْتُ عَنْهُمْ ”

Allah عز وجل berfirman : “Sesungguhnya Aku bermaksud menurunkan azab kepada penduduk bumi, maka apabila Aku melihat orang-orang yang meramaikan rumah-rumah-Ku, yang saling mencintai karena Aku, dan orang-orang yang memohon ampunan pada waktu sahur, maka Aku jauhkan azab itu dari mereka.
Riwayat al-Baihaqi, Syu’ab al-Iman [2946].

يَقُولُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: ” إِنِّي لَأَهُمُّ بِأَهْلِ الْأَرْضِ عَذَابًا فَإِذَا نَظَرْتُ إِلَى عُمَّارِ بُيُوتِي والْمُتَحَابِّينَ فِيَّ والْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ صَرَفْتُ عَنْهُمْ ”

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Sesungguhnya Aku bermaksud menurunkan azab kepada penduduk bumi, maka apabila Aku melihat orang-orang yang meramaikan rumah-rumah-Ku, yang saling mencintai karena Aku, dan orang-orang yang memohon ampunan pada waktu sahur, maka Aku jauhkan azab itu dari mereka.

Hadits ini pada sanadnya terdapat seorang perawi bernama Shalih bin Murri. Dia adalah seorang yang mungkarul hadits. Al-Imam al-Albani rahimahullah menyatakan bahwa sanad hadits ini sangat lemah. (lihat Silsilah Adh-Dha’ifah no. 7102)

____________

Hadits ketiga
Sahabat Anas bin Malik رضي الله عنه berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :

“إِذَا عَاهَةٌ مِنَ السَّمَاءِ أُنْزِلَتْ صُرِفَتْ عَنْ عُمَّارِ الْمَسَاجِدِ”

Apabila penyakit diturunkan dari langit, maka dijauhkan dari orang-orang yang meramaikan masjid.

Riwayat al-Baihaqi, Syu’ab al-Iman [2947]; dan Ibnu Adi (juz 3 hlm 232). Al-Baihaqi berkata : “Beberapa jalur dari Anas bin Malik dalam arti yang sama, apabila digabung, maka memberikan kekuatan (untuk diamalkan)”.

Sama dengan hadits pertama. Haditsnya lemah

InsyaAllah Bersambung…

https://www.inifaktabukanfitnah.com/cek-fakta-berlindung-ke-masjid-pada-musim-wabah-penyakit-virus-corona-covid-19/