Pertanyaan kelia dari fatwa no. 6582

apa hukum islam tentang seorang pemuda yang tidak berkeinginan untuk menikah disebabkan karena mahar yang semakin mahal? dan tidak ada kemampuan untuk memberikan nafkah?
_____________
Jawaban:
barangsiapa yang telah terjadi padanya sebgaimana yang telah disebutkan bahwasanya dia tidak memilki kemampuan untuk memberi nafkah kepada istri maka dia termasuk orang yang diberi udzur, dan dia harus berpuasa sebagai upaya dia untuk menahan farjinya dan sebagai penjagaan dirinya dari perkara-perkara yang jelek.

namun jika dia memiliki kemampuan untuk membayar mahar dan menafkahi keluarga dan dia enggan untuk menikah maka dia menyelisihi perintah Allah dan Rasul-Nya Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, karena sungguh beliau telah bersabda:

“Wahai sekalian kaum pemuda, barangsiapa di antara kalian yang telah mampu maka hendaklah dia menikah. Sebab sesungguhnya menikah itu lebih menjaga pandangan dan dan farji. Dan barangsiapa yang belum mampu maka hendaklah dia berpuasa, karena puasa itu adalah tameng baginya.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Wabillأ£hit Taufأ­q washallallأ£hu ‘alأ£ Nabiyyinأ£ Muhammad wa ‘alأ£ أ£lihأ­ wa shohbihأ­ wasallam

Al-Lajnah Ad-Dأ£’imah lil Buhأ؛s wal Iftأ£’

Ketua : Abdul Azأ­z bin Abdillأ£h bin Bأ£z
Wakil : Abdurrozأ£q Afifiy
Anggota : Abdullah bin Ghudayyan
Abdullأ£h bin Qu’أ؛d

————–
Sumber
Judul Kitab:
Fatawa Al Lajnah Ad Da’imah
Urutan jilid/Pembahasan/Halaman:
18/An Nikah/24

Penyusun:
Syeikh Ahmad bin Abdurrozأ£q ad Duwaisy
Pustaka Darul ‘Ashomah
——————

Alih bahasa:
Abu Dawud al Pasimiy

————
WhatsApp Al-Ilmu

Bagikan Komentarmu