โ˜โœ‹๐Ÿ’๐ŸŒท Gerakan Menutup Celah dalam Saf Shalat Berjamaah

Asy-Syaikh Abdul โ€˜Aziz bin Baz rahimahullah ditanya tentang celah-celah dalam saf-saf (shalat jamaah), apakah gerakan untuk menutupnya mempengaruhi (keabsahan/kesempurnaan) shalat ataukah tidak?

๐Ÿ“ฌ Jawaban:

ุณุฏู‡ุง ู…ุดุฑูˆุน ูˆ ุงู„ุญุฑูƒุฉ ููŠ ุฐู„ูƒ ู…ุดุฑูˆุนุฉ ูˆ ู„ุง ุชุคุซุฑ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ. ูุฅุฐุง ูƒุงู† ููŠ ุงู„ุตู ุฎู„ู„ ูˆ ุฌุฐุจ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฃุฎุงู‡ ู„ูŠุชู‚ุฑุจ ุญุชู‰ ูŠุณุฏ ุงู„ุฎู„ู„ ุฃูˆ ุฌุงุก ุฅู†ุณุงู† ู…ู† ุฎู„ูู‡ ูุณุฏ ุงู„ุฎู„ู„ ู…ู† ุงู„ุตู ุงู„ุฐูŠ ูŠู„ูŠู‡ู… ููƒู„ ู‡ุฐุง ู…ุดุฑูˆุนุŒ ูˆ ู„ูŠุณ ุฐู„ูƒ ู…ุคุซุฑุง ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุจู„ ู‡ูˆ ู…ู† ูƒู…ุงู„ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆ ุชู…ุงู…ู‡ุง ุ› ู„ุฃู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ุฃู…ุฑ ุจุณุฏ ุงู„ูุฑุฌ ููŠ ุงู„ุตููˆู

Menutup (celah dalam saf ketika shalat jamaah) disyariatkan. Gerakan untuk menutupnya juga disyariatkan serta tidak mempengaruhi (keabsahan/kesempurnaan) shalat.

Oleh karena itu, apabila di dalam saf terdapat celah kemudian seseorang menarik saudaranya untuk mendekat agar ia menutup celah tersebut atau seseorang dari belakangnya maju untuk menutup celah dalam saf yang ada di depannya, semua ini disyariatkan.

Gerakan tersebut tidaklah mempengaruhi (keabsahan/kesempurnaan) shalat, bahkan hal itu termasuk kesempurnaan shalat karena Rasulullah _shalallahu โ€˜alaihi wa sallam_ telah memerintahkan untuk menutup celah dalam saf-saf (ketika shalat jamaah).

(Majmuโ€™ Fatawa Asy-Syaikh Abdul โ€˜Aziz bin Baz rahimahullah jilid ke-12 halaman 202)

๐ŸŒŽ Kunjungi || https://forumsalafy.net/gerakan-menutup-celah-dalam-saf-shalat-berjamaah/

โšช๏ธ WhatsApp Salafy Indonesia
โฉ Channel Telegram || http://telegram.me/forumsalafy

๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž๐Ÿ’Ž