⁉💦🌷💐 Hukum Mandi Janabah

Hukum mandi janabah adalah wajib. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,

وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ

“Jika kamu junub, mandilah.” (Al Maidah ayat :6)

✍🏻 Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah menyebutkan bahwa mandi janabah sudah dilakukan sejak zaman jahiliah. Mandi janabah juga termasuk peninggalan dari ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

Adapun dalil dari hadits,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ : ” إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا الْأَرْبَعِ، ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ الْغَسْلُ ”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,

“Apabila seorang laki-laki telah berada di atas 4 bagian tubuh seorang wanita (istrinya), kemudian dia bersungguh-sungguh dalam melakukannya, wajib baginya untuk mandi (janabah).” (HR. Bukhari no. 291 dan Muslim no.348)

Di antara perkara yang mewajibkan untuk mandi janabah adalah:

1. Keluarnya air mani dari seorang laki-laki atau wanita dalam kondisi tidur ataupun terjaga (tidak tidur).

– Jika keluar dalam kondisi terjaga, disyaratkan keluar dengan diiringi rasa nikmat. Apabila tidak diiringi rasa nikmat, tidak wajib baginya untuk mandi.

– Apabila keluarnya mani pada kondisi tidur, dia wajib mandi secara mutlak, baik keluarnya diiringi dengan rasa nikmat ataupun tidak. Pada keadaan ini, hukum keduanya (diiringi rasa nikmat ataupun tidak) tetap sama.

2. Masuknya zakar pada kemaluan wanita, walaupun tidak sampai mengeluarkan mani. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

” إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا الْأَرْبَعِ، وَمَسَّ الْخِتَانُ الْخِتَانَ فَقَدْ وَجَبَ الْغَسْلُ ”

“Apabila seoarang laki-laki telah berada di atas 4 bagian tubuh seorang wanita, dan kedua benda yang dikhitan telah bertemu, maka wajib baginya untuk mandi (janabah).” (HR. Muslim no. 783 dari hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha)

📚 (Lihat al-Mulakhash al-Fiqhi 1/64 dan Taudhihul Ahkam 1/366)

⚪️ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/forumsalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎