🔬Oleh:
Asy-Syaikh Al-‘Allaamah Muhammad bin Shalih al Utsaimin – ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ
✹✹✹

📞 P E R T A N Y A A N :
Ada seseorang yang menggunakan endoskopi dalam keadaan dia berpuasa dan dia memasukkan alat itu ke dalam ususnya lalu diapun hendak muntah. Maka bagaimana dengan hukum puasanya?

🔓J A W A B A N :
Yang pertama, hendaklah dia melihat kepada alat yang dia masukkan ke dalam ususnya ini, apakah alat tersebut tanpa disertai dengan obat atau tidak?

◾Jika padanya terdapat obat atau pelumas supaya mudah dimasukkan ke usus, maka puasanya BATAL. Dan dia tidak boleh menggunakannya saat dia sedang puasa, apabila puasanya tersebut merupakan puasa wajib.

◾Adapun jika alat tersebut murni tanpa obat dan pelumas lalu dia masukkan, maka hal itu tidaklah mengapa.

⚠ Akan tetapi wajib baginya – jika dia sudah merasa ingin muntah, menyuruh agar dokternya mengeluarkan alat itu, sehingga dia tidak muntah dengan sengaja.
Hal yang demikian itu jika puasanya merupakan puasa yang wajib. Namun jika puasa sunnah maka perkaranya ringan. Sekiranya dia mau membatalkan puasanya maka tidak ada dosa baginya.
=============

[1] Endoskopi: Suatu teknik atau metode yang ditujukan untuk melihat lebih jauh bagian-bagian yang ada dalam tubuh dengan cara memasukkan sebuah alat berupa tabung yang fleksibel dilengkapi kamera kecil di ujung alat tersebut.

📪 Sumber:
Jalsat Ramadhaniyah 1410-1415 H | Muhammad bin Shalih al Utsaimin | Halaman: 13/16
🌳🔥🌳

ــــــــــــــــــــــــ
📮 ﺍﻟﺴــــﺆﺍﻝ :
ﺷﺨﺺ ﺃﺧﺬ ﻣﻨﻈﺎﺭﺍً ﻟﻠﻤﻌﺪﺓ ﻭﻫﻮ ﺻﺎﺋﻢ ﻭﺃﺩﺧﻠﻪ ﻓﻲ ﺑﻄﻨﻪ ﺛﻢ ﺍﺳﺘﻘﺎﺀ ﻓﻤﺎ ﺣﻜﻢ ﺻﻮﻣﻪ؟

🔻 ﺍﻟﺠـــــﻮﺍﺏ :
ﺃﻭﻻً ﻻﺑﺪ ﺃﻥ ﻳﻨﻈﺮ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻟﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻨﺰﻝ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻌﺪﺓ ﻫﻞ ﻫﻲ ﺧﺎﻟﻴﺔ ﻣﻦ ﻣﺼﺎﺣﺒﺔ ﺩﻭﺍﺀ ﺃﻡ ﻻ؟
ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﺩﻭﺍﺀ ﺃﻭ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﺩﻫﻦ ﻟﺘﺴﻬﻴﻞ ﺩﺧﻮﻟﻬﺎ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻔﻄﺮ، ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻬﺎ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ ﺍﻟﺼﻴﺎﻡ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻭﺍﺟﺒﺎً، ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻟﺔ ﻟﻴﺲ ﻓﻴﻬﺎ ﺷﻲﺀ ﻳﺼﺤﺒﻬﺎ ﻻ ﺩﻭﺍﺀ ﻭﻻ ﺩﻫﻦ، ﺛﻢ ﺃﺩﺧﻠﻬﺎ ﻓﺈﻧﻪ ﻻ ﺣﺮﺝ ﻋﻠﻴﻪ،
ﻭﻟﻜﻦ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﺫﺍ ﺃﺣﺲ ﺃﻧﻪ ﺳﻴﻘﻲﺀ ﺃﻥ ﻳﺄﻣﺮ ﺍﻟﻄﺒﻴﺐ ﺑﺈﺧﺮﺍﺟﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﻻ ﻳﻘﻲﺀ ﻋﻤﺪﺍً .
ﻫﺬﺍ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻭﺍﺟﺒﺎً، ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺗﻄﻮﻋﺎً ﻓﺎﻷﻣﺮ ﺳﻬﻞ، ﻟﻮ ﻓﺴﺪ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻟﻴﺲ ﻋﻠﻴﻪ ﺷﻲﺀ .
❀✿❀

🌐 Sumber:
http://shamela.ws/browse.php/
book-7679#page-321

✏ Alih Bahasa:
appsalafy.salafymedia.com

Bagikan Komentarmu