Fatwa nomor 14704

Pertanyaan:
Berkaitan dengan menjaga pandangan, saya adalah seorang pemuda berusia 20 tahun. Sebenarnya saya mampu menjaga pandangan. Namun musykilahnya, di tengah-tengah kesibukan dan sebelum tidur terlintas pada diri saya bayangan syahwat. Bagaimana caranya agar saya bisa menahan kebiasaan yang jelek ini, dan supaya syaithan menjauh dari saya, padahal saya biasa membaca Al Qur’an sebelum tidur?

_____________
Jawaban:
Pertama, wajib bagi anda untuk senantiasa menjaga pandangan dari hal-hal yang haram. Demikian juga tidak boleh bagi anda untuk membaca majalah-majalah dan menonton film-film yang terdapat gambar-gambar perempuan. Allah Ta’ala berfirman:

“Katakanlah kepada kaum mu’minin agar mereka menundukkan pandangan-pandangan mereka dan menjaga kemaluan-kemaluan mereka. Yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa-apa yang mereka perbuat.”

Kedua, Anda harus menikah jika mampu. Karena dengan menikah itu akan lebih menundukkan pandangan. Sebagaimana hal itu telah dijelaskan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:

“Wahai sekalian kaum pemuda, barangsiapa di antara kalian yang telah mampu maka hendaklah dia menikah. Sebab sesungguhnya menikah itu lebih menjaga pandangan dan dan farji. Dan barangsiapa yang belum mampu maka hendaklah dia berpuasa, karena puasa itu adalah tameng baginya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Wabillأ£hit Taufأ­q washallallأ£hu ‘alأ£ Nabiyyinأ£ Muhammad wa ‘alأ£ أ£lihأ­ wa shohbihأ­ wasallam

Al-Lajnah Ad-Dأ£’imah lil Buhأ؛s wal Iftأ£’

Ketua     : Abdul Azأ­z bin Abdillأ£h bin Bأ£z
Wakil      : Abdurrozأ£q Afifiy
Anggota : Abdullah bin Ghudayyan

————–
Sumber
Judul Kitab:
Fatawa Al Lajnah Ad Da’imah
Urutan jilid/Pembahasan/Halaman:
18/An Nikah/33

Penyusun:
Syeikh Ahmad bin Abdurrozأ£q ad Duwaisy
Pustaka Darul ‘Ashomah
——————

Alih bahasa:
Abu Dawud al Pأ£simiy

————

Bagikan Komentarmu