📚 KRITERIA TEMAN YANG BAIK
▪︎▪︎▪︎▪︎

📝 Seseorang yang akan dijadikan sebagai teman hendaklah memenuhi syarat-syarat yang telah dijelaskan oleh para ulama, di antaranya:

1⃣ Berakal

Ini adalah modal utama dalam persahabatan, setelah iman. Tidak ada kebaikan ketika berteman dengan orang yang dungu. Sebab, bisa jadi dia ingin berbuat baik kepadamu, tetapi hal tersebut justru bermudarat bagimu.

✅ Yang dimaksud berakal di sini adalah mampu memahami keadaan yang sebenarnya, baik memahaminya sendiri maupun memahami ketika diberi pengertian.

2⃣ Berakhlak baik

Betapa banyak orang yang berakal, tetapi ketika sedang marah atau dikuasai syahwat, dia akan mengikuti hawa nafsunya. Oleh karena itu, tidak ada kebaikan berteman dengan orang yang seperti ini.

3⃣ Bukan orang fasik

Seorang yang fasik tidak akan merasa takut kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Seseorang yang tidak takut kepada Allah subhanahu wa ta’ala tidak bisa dipercaya. Selain itu, kita tidak akan merasa aman dari pengkhianatannya.

4⃣ Bukan ahlul bid’ah

Sebab, dikhawatirkan dia akan menebarkan kebid’ahannya kepada orang lain.

✅ Fudhail bin Iyadh rahimahullah berkata, “Tidak mungkin seorang Ahlus Sunnah berteman (condong) dengan ahlul bid’ah, kecuali karena adanya kemunafikan (dalam hatinya).”

✅ Beliau rahimahullah berkata juga, “Hati-hatilah! Janganlah engkau duduk bersama orang yang akan merusak hatimu. Jangan pula engkau duduk bersama pengikut hawa nafsu karena aku khawatir murka Allah subhanahu wa ta’ala akan menimpamu.”

5⃣ Bukan orang yang tamak dan rakus terhadap dunia

(Lihat Mukhtashar Minhajul Qasidhin, hlm. 99; Ni’matul Ukhuwwah, hlm. 19—25)

🖥 Simak selengkapnya:

🌏 https://asysyariah.com/tidak-setiap-orang-bisa-dijadikan-teman/

📲 https://t.me/asysyariah
☆☆☆☆