Oleh: Al Ustadz  As Sarbini hafizhahullah

Hati-hati sekarang. Ana ingatkan, pada masa kita sekarang. Dengan adanya fasilitas….. Facebook, sudah sering kalian mendengar tahdid (definisi) tentang facebook, hape, w.a, sms, telpon. Na’am. Hampir semua orang sekarang punya HP. Bukan cuma satu Hpnya, dua.  Suami punya HP, istri punya HP. Dan namanya orang menelpon ya macam-macam. Para akhawat, para ummahat. Akhawat si, jangan punya HP selama tidak sampai kepada kebutuhan yang mendesak. Pegangnya kitab, jangan HP. Pegangnya kitab, baca kitab, baca Al Qur’an. Na’am jangan pegang HP.

 

Ummahat mungkin butuh. Kalau ditinggal suami agar dikontrol, dihubungi, ditanyakan anak dan seterusnya. Tapi ummahat jangan meladeni sms dengan laki-laki, meskipun ikhwah. Jangan meladeni w.a dan lainnya, meskipun ikhwah. Jangan meladeni telpon meskipun ikhwah!. Meskipun USTADZ !! “Ini ustadz fulan lagi nelpon, barangkali penting.” Jangan diangkat! Jangan diangkat! Bukan menuduh ustadz ya, nggak! (tapi) ini ‘syaddudz dzari’ah’ namanya (menutup celah kerusakan). Andaikan ada sms ternyata perkara darurat atau apa misalkan, tampak jelas darurat. Ya ini tidak mungkin untuk tidak dijawab, jawab secukupnya. Dari berita apa, na’am. Tapi bukan terus berlanjut. Setelah itu “O datang sms selanjutnya.” Lama-lama “Apa kabar?” Sudah mulai lain. Hati-hati!

 

Ada telpon, telpon   suami berdering. Istri ada, suaminya di kamar mandi, Misalkan, atau lagi di luar. Ada telpon masuk, fulan…. fulan, ma’ruf ini teman hubungan kerja atau apa – mau nelpon…. JANGAN ANGKAT!! Jangan terus diangkat “O ya sebentar, dia lagi ini” Nggak usah, biarkan aja! Nanti kalau suaminya pulang baru beri tahu “tadi ada telponnya fulan.”

 

Zaman kita sekarang ini (adalah) zaman fitnah. Ilmu lemah, iman lemah, amal shalih lemah. Segala sesuatu bisa jadi fitnah, jadi pintu fitnah. Jaga diri kita semua! Jaga komunitas kita.

 

——————-

Transkrip dari tanya jawab bersama al ustadz As Sarbini hafizhahullah pada daurah jeneponto, Ahad 10-11 Jumadal Akhir 1437 H/19-20 Maret 2016 M di Ma’had Darussunnah Jeneponto.

——————-

Ditranskrip oleh: AppSalafy2 

Selengkapnya simak audionya di sini: