FAEDAH PENYEJUK JIWA
Ditulis oleh salah seorang tholibul ilmi -fudhola’- dalam faedah yang sangat indah yang Allah telah bukakan bagi beliau.

Beliau menyebutkan:

Tahukah kalian bahwa Allah telah menguji para sahabat – رضي الله عنهم – ketika mereka sedang ihram. Sementara muhrim haji atau umrah diharamkan hewan buruan atas mereka. Allah menguji mereka dengan hewan buruan yang mudah mereka dapatkan. Sampai-sampai mereka mampu menangkapnya dengan tangan-tangan mereka tanpa harus menggunakan perlengkapan berburu !

Bacalah Firman-Nya Ta’ala:

إقرأ قولَه تعالى : ﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لَيَبْلُوَنَّكُمُ اللَّهُ بِشَيْءٍ مِّنَ الصَّيْدِ تَنَالُهُ أَيْدِيكُمْ وَرِمَاحُكُمْ لِيَعْلَمَ اللَّهُ مَن يَخَافُهُ بِالْغَيْبِ فَمَنِ اعْتَدَى بَعْدَ ذَلِكَ فَلَهُ عَذَابٌ أَلِيمٌ ﴾ ‘ سورة المائدة ، آية : 94 ‘ .
“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan sesuatu dari binatang buruan yang mudah didapat oleh tangan dan tombakmu supaya Allah mengetahui orang yang takut kepada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihat-Nya. Barang siapa yang melanggar batas sesudah itu, maka baginya azab yang pedih.”
(Al-Madah: 94)

Pada zaman ini Allah kembali memberikan ujian yang sangat besar. Tapi dalam bentuk yang berbeda. Bagaimana itu? :point_down:

Sekitar sepuluh tahun yang lalu, untuk mendapatkan gambar-gambar dan klip-klip (video) haram sangatlah sulit. Apapun jenisnya.

Adapun sekarang :point_down:
Hanya dengan satu sentuhan ringan pada screen ponsel, atau dengan sekali menekan tombol komputer yang anda lihat – walaupun tanpa harus menggunakan aplikasi tertentu – hijab itu pun bisa terbuka.
Semoga Allah menolong kami dan kalian.

Allah telah memberikan peringatan:

﴿ لِيَعْلَمَ اللَّهُ مَن يَخَافُهُ بِالْغَيْبِ فَمَنِ اعْتَدَى بَعْدَ ذَلِكَ فَلَهُ عَذَابٌ أَلِيمٌ ﴾

“….supaya Allah mengetahui orang yang takut kepada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihat-Nya. Barang siapa yang melanggar batas sesudah itu, maka baginya azab yang pedih.”
(Al-Maidah: 94)

Jangan terperdaya dengan bisunya anggota badanmu saat kamu sedang menyepi. Karena suatu hari nanti anggota badanmu akan mengadukan perbuatanmu itu.

﴿ الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ ﴾

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.”
(Yasin: 65)

Perhatikanlah Firman Allah Ta’ala berikut dengan seksama:

” يا أيها الذين آمنوا ليبلونكم الله بشيء من الصيد تناله أيديكم ورماحكم ليعلم الله من يخافه بالغيب فمن اعتدى بعد ذلك فله عذاب أليم ”

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan sesuatu dari binatang buruan yang mudah didapat oleh tangan dan tombakmu supaya Allah mengetahui orang yang takut kepada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihat-Nya. Barang siapa yang melanggar batas sesudah itu, maka baginya azab yang pedih.”
(Al-Madah: 94)

Semakna dengan ini, salah seorang dari salaf berkata:

” Kamu lebih khawatir terhadap angin yang meniup tirai pintu rumahmu – saat kamu sedang melakukan perbuatan dosa – daripada dosa tersebut, apabila kamu melakukannya.”

Allahul Musta’an

Salah seorang yang pernah tertimpa bala’ dengan melihat sesuatu yang haram berkata :

“Terdengar olehku denyit suara pintu. Berdebar kurasa hati dan hampir copot rasanya jantungku. Gadgetku cepat-cepat aku matikan. Kubuka pintu, ternyata ia hanyalah seekor kucing yang kudapati !!” :feet:
——————

Dinukil dari syaikh Fawwaz al Madkholy

🇸🇦🇮🇩
Alih bahasa:
Abu Dawud al Pasimiy

[[ Media berbagi nasihat dan bimbingan perihal gadget ]]

http://appsalafy.salafymedia.com

Bagikan Komentarmu