::
*🚇 PAKAIAN WANITA SALAF KETIKA DI RUMAH DAN KELUAR RUMAH*

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah

*PERTANYAAN:*

“Apakah wanita mengenakan pakaian yang pendek di sisi suaminya atau selain mahramnya diharamkan secara zatnya; karena itu pakaian nashara? Dan apakah para Shahabat wanita memakai pakaian yang pendek di sisi suami-suami mereka dari para Shahabat –radhiallahu ‘anhum-?

*JAWABAN:*

“Syaikhul Islam –rahimahullah- menyebutkan dalam satu risalah kecil berjudul “Pakaian Wanita ketika Shalat” bahwa diantara kebiasaan wanita-wanita Shahabat di dalam rumah adalah mengenakan busana yang berlengan sampai telapak tangan dan sisi bawahnya sampai ke mata kaki.

Adapun saat keluar rumah maka mereka memakai pakaian yang panjang sampai sejengkal (menjulur) di belakangnya. Atau (lengannya) sampai pergelangan dan mereka menggunakan kaos tangan. Serta menutupi seluruh wajahnya.

Dan terkait (berpakaian) untuk suami maka perkaranya lapang. Sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman:

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ ﴿٥﴾ إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ ﴿٦﴾

_005. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,_

_006. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela._ Q.S. Al-Mu’minuun : 5 – 6.

❗Namun ia tidak mengenakan _binthal_ (celana panjang). Walaupun di sisi suaminya. Sebab _binthal_ termasuk kekhususan pakaian laki-laki. Sehingga wanita tidak boleh memakainya. Tidak ketika bersama wanita lain, tidak dengan mahram-mahramnya, dan tidak pula bersama suaminya.”

*Fataawa ‘alath Thariq fi Masaail Mutanawwi’ah, Al-‘Utsaimin, hal. 642 – 643.*

📑 Alih Bahasa:
Al-Ustadz Abu Yahya al-Maidany hafizhahullah

••••
📶 https://t.me/ForumBerbagiFaidah [FBF]
🌍 www.alfawaaid.net | www.ilmusyari.com