๐Ÿ”ธ๐Ÿ’Ž๐Ÿ“š Raih Pahala Haji dengan Menuntut Ilmu di Masjid!
โ–ชโž–โ–ชโž–โ–ชโž–โ–ชโž–โ–ช

Pertanyaan:

Apakah benar bahwa di antara keutamaan menuntut ilmu atau mengajarkan ilmu di masjid akan mendapatkan pahala seperti haji?

Jawaban:

Menuntut ilmu memiliki keutamaan besar, terlebih menuntut ilmu di masjid. Ada riwayat yang menunjukkan besarnya pahala menuntut ilmu di masjid, yaitu mereka mendapatkan pahala ibadah haji dengan sempurna. Rasulullah shallallahu โ€™alaihi wa sallam bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ุบูŽุฏูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ู„ุง ูŠูุฑููŠุฏู ุฅูู„ุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽุนูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽู‡ูุŒ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ูƒูŽุฃูŽุฌู’ุฑู ุญูŽุงุฌู‘ู ุชูŽุงู…ู‘ู‹ุง ุญูุฌู‘ูŽุชูู‡ู.

โ€œBarang siapa pergi ke masjid yang dia tidak ada maksud kecuali untuk mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala seperti haji yang sempurna.โ€

Hadis ini diriwayatkan oleh al-Thabrani dalam al-Muโ€™jam al-Kabir dan disahihkan al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib. Oleh karena itu, bersyukurlah kepada Allah atas kemudahan yang Allah berikan kepada kita untuk menghadiri majelis-majelis ilmu di rumah-rumah Allah (masjid).
Allahu aโ€™lam.

๐Ÿ”Ž Isi artikel ini dinukil dari:
https://is.gd/zHdlH7