TAHUN 63 HIJRIYAH
-Jatuhnya tragedi al Harrah.
Kejadian ini merupakan salah satu tragedi yang paling mengerikan dalam sejarah islam.
Kejadian ini berawal dari sikap sebagian penduduk Madinah yang berlepas diri dari pemerintahan Yazid bin Muawiyah azh Zhalim yang sebelumnya mereka lebih condong kepada al Husain. Sebagian juga ingin membai’at Abdullah bin Zubair sebagai khalifah. Al Hasil Yazid mengerahkan bala tentaranya yang dipimpin oleh Muslim bin Uqbah untuk membantai penduduk. Tragedi ini terjadi pada bulan Dzulhijah. Korban di kalangan anak-anak muhajririn dan anshor sekitar 306 orang (menurut adz Dzahabi). Di luar itu, ribuan mayat bergelimpangan yang sebagiannya tidak bisa dikenali lagi.
Yang wafat di kalangan para sahabat: Ma’qil bin Sinan, Abdullah bin Hanzhalah al Ghosil dan Abdullah bin Zaid bin Ashim sang periwayat hadits sifat wudhu.
Korban lain: Muhammd bin Tsabit bin Qais, Muhammad bin Amr bin Hazm, Muhammad bin Abi Jahm dan Muhammad bin Ubai bin Ka’ab, Mu’adz bin al Harits yang diperintah oleh Umar untuk mengajak manusia sholat tarawih berjama’ah di zamannya, Ya’qub putra Thalhah bin Ubaidullah at Taimiy dan lainnya.

Selain itu juga Yazid mengerahkan pasukannya untuk mengepung Ibnu Zubair di Mekah. Pasukan tersebut lalu menyerang dan melempari bangunan ka’bah dengan manjaniq, maka terbakarlah sebagiannya.

-Wafatnya Masruq bin al Ajda’ al Hamdaniy. Beliau adalah orang faqih, ahli ibadah, sohib Ibnu Mas’ud dan beliau tidaklah tidur kecuali dalam keadaan sujud.

TAHUN 64 HIJRIYAH
-Kematian Muslim bin Uqbah. Dia mampus beberapa waktu sebelum matinya Yazid. Dialah yang menghalalkan Madinah dalam tragedi Harroh atas perintah Yazid. Menghalalkan penindasan terhadap rakyat jelata dan pelecehan kaum wanita Madinah. Merekomendasi para prajuritnya untuk berbuat apa saja di Madinah selama tiga hari.

-Kebinasaan Yazid bin Muawiyah bin Abi Sufyan, Abu Kholid di pertengahan Rabiul awwal pada umur 33 tahun. Dia mati sebelum berhasil menumbangkan Abdullah bin Zubair. Dia adalah seorang Kholifah yang kejam dan bengis. Dia memiliki jaza di saat perang melawan Konstantinopel.

-Diangkatnya putra Yazid yakni Muawiyah bin Yazid bin Muawiyah sebagai khalifah pengganti ayahnya. Dia lebih baik daripada Yazid namun umurnya tidak panjang. Dia memerintah hanya selama sekitar 40 hari saja kemudian wafat. Rahimahullah.

-Dibai’atnya Abdullah bin Zubair sebagai kholifah oleh penduduk Hijaz, Iraq, Yaman, Damaskus dan lainnya.

-Abdullah bin Zubair mengembalikan bangunan Ka’bah berdasarkan bentuk semula seperti di zaman nabi Ibrohim ‘Alaihissalam dan memperbaiki bangunan ka’bah yang sebagiannya telah terbakar akibat serangan pasukan Yazid dengan manjaniq pada waktu yang bertepatan dengan pertempuran Harroh. Terbakar pula tanduk kibas yang dahulu dijadikan oleh Allah sebagai pengganti Ismail ‘Alaihissalam.

-Marwan bin Hakam naik sebagai Khalifah versi pihak bani Umaiyah. Maka terjadilah pertempuran antara pihaknya dengan pihak Ibnu Zubair.
-Terbunuhnya adh Dhahak al Fihriy di Damaskus oleh tentara Marwan. Terbunuh pula saat itu sekitar 3000 orang
-Terbunuhnya Nu’man bin Basyir sahabat yang mulia. Beliau terbunuh oleh tentara Marwan ketika beliau hendak menolong adh Dhahak. Wallahu A’lam.
-Wafatnya al Walid bin Utbah bin Abi Sufyan bin Harb karena penyakit tho’un.

TAHUN 65 HIJRIYAH
-Wafatnya Khalifah Marwan bin Hakam di bulan Ramadhan. Dahulu dia adalah seorang yang faqih, juru tulis rahasia penting di zaman utsman bin Affan.
-Abdul Malik bin Marwan bin Hakam naik sebagai khalifah pengganti ayahnya.
-Wafatnya Sulaiman bin Shurad dan al Mushib bin Nujbah al Fazariy. Keduanya berangkat bersama pasukannya sekitar 4000 orang ingin datang kepada Marwan dalam rangka menebus darah al Husain. Marwan mengutus Ubaidullah bin Ziyad bersama 6000 orang prajuritnya.
-Wafatnya Abdullah bin Amr bin al Ash (menurut pendapat yang rajih). Jarak umur beliau dengan umur ayahnya hanya selang 11 tahun. Beliau adalah seorang yang shalih lagi berilmu.
-Wafatnya al Harits bin Abdullah al Hamdani

 

===============================
Maroji:
*AL ‘IBAR Al Imam Adz Dzahabi
*TARIKH AL ISLAM Imam Adz Dzahabi
*SIYAR A’LAMIN NUBALA Adz Dzahabi

 

http://appsalafy.salafymedia.com

Bagikan Komentarmu