Pertanyaan No.1002:
Apa pandangan anda tentang penggunaan mikrophon sebelum sholat idul fitri dan adha, untuk mengajak kaum muslimin agar menghadiri sholat, memahamkan mereka bahwasanya sholat ied itu adalah wajib, dan bahwa takbir pertama berjumlah 6 kali [5 + 1 takbir al ihrom]?

_____________
Jawaban:
Yang termasuk petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah agar tidak memanggil-manggil untuk mengadakan sholat idul fitri dan tidak pula idul adha sebelum diadakannya sholat dengan tujuan agar manusia berdatangan ke lapangan, dan untuk memahamkan manusia tentang hukum sholat ied. Maka tidak sepantasnya hal itu dilakukan. Tidak dengan mikrophon dan tidak pula dengan yang lainnya, karena waktunya telah maklum – walhamdulillah. Dan sungguh Allah Ta’ala telah berfirman:

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat….”
(Al Ahzab: 21)

Maka hendaklah bagi waliul amr dari pihak pemerintah ataupun ulama agar menjelaskan kepada kaum muslimin tentang hukum sholat ini – sebelum datangnya hari ied. Dan agar menjelaskan kepada mereka tentang tatacaranya, apa-apa yang semestinya dilakukan baik sebelum ataupun setelah sholat ied, hingga mereka mendatangi sholat tepat pada waktunya, dan merekapun menunaikannya dengan tuntunan syar’i.
Wabillahit Taufiq washallallahu ‘alaa an-Nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam

Al-Lajnah Ad-Daimah lil Buhuts wal Ifta

Ketua : Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz
Wakil : Abdurrozaq Afifiy
Anggota : Abdullah bin Ghudayan
Abdullah bin Muni’

————–
ًSumber
Judul Kitab:
Fatawa Al Lajnah Ad Da’imah
Urutan jilid/Pembahasan/Halaman:
08/Sholatul ‘iedain/313

Penulis:
Al Lajnah Ad Da’imah Lil Buhuts wal Ifta’

Alih bahasa:

Abu Dawud al Pasimiy

Bagikan Komentarmu