SHALAT DENGAN PAKAIAN NAJIS KARENA TERPAKSA

Fadhilatu Asy-syaikh ditanya tentang orang yang sedang berada di daerah kering dan tidak ada air di sisinya. Sementara pakaiannya najis, dan tidak ada pakaian lain yang bisa dia pakai untuk menutup auratnya. Apakah dia bisa shalat dengan pakai yang najis tersebut, atau dia boleh shalat dengan telanjang?

Jawaban:
Apabila tidak ada lagi pakaian kecuali pakaian yang najis tersebut, sementara tidak ada air yang bisa untuk mencucinya maka terpaksa dia harus shalat dengan pakaian najis tadi supaya bisa menutup auratnya semampu yang dia bisa. Dan shalatnya sah.

Tidak ada keharusan mengulangi shalat karena dia tidak memiliki kemampuan untuk menghilangkan najis pada pakaiannya.

Allah Ta’ala berfirman:
_”Bertakwalah kepada Allah semampu kalian”_(1)

Dia telah berupaya untuk bertakwa kepada Allah sesuai yang dia mampu. Berarti dia telah menegakkan perintah Allah. Sementara orang yang telah menegakkan perintah Allah itu tidak diharuskan lagi untuk mengulangi perintah tersebut.

Adapun pendapat kelompok yang menyatakan bahwa orang yang seperti ini wajib mengulangi shalatnya adalah pendapat yang lemah.

Dan pendapat yang paling lemah adalah pendapat sebagian ulama bagi yang menyatakan bahwa orang seperti ini boleh shalat dengan telanjang, karena memungkinkan baginya untuk tidak dilihat orang lain. Allahu A’lam.

*[Ibnu Utsaimin, Majmu’ Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin 304/12]*

* * * * * *
وسئل فضيلة الشيخ: عن إنسان في البر وليس عنده ماء وثيابه نجسه وليس عنده ما يستر به عورته سواه هل يصلي في الثوب النجس أو يصلي عريان؟

فأجاب بقوله: إذا لم يكن عنده إلا ثوب نجس وليس عنده ماء يطهره به فإنه يلزمه أن يصلي بهذا الثوب، ليواري سواته لقدرته على ذلك وصلاته صحيحه، ولا إعادة عليه لعجزه عن إزالة النجاسة التي على ثوبه، وقد قال الله تعالى (فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ) (1) . وهذا قد اتقى الله ما استطاع فيكون قائماً بما أمر الله به، والقائم بما أمر الله به لا يلزمه الإعادة، وقول الأصحاب إنه يلزمه أن يصلي به ويعيد قول ضعيف، وأضعف منه قول بعض العلماء أن يصلي عرياناً، لأنه قادر على السترة. والله أعلم.

[ابن عثيمين ,مجموع فتاوى ورسائل العثيمين ,12/304]

(١) سورة التغابن ١٦
* * * * * *

AD al-Basimiy

Kunjungi:
Alpasimiy.com