โ”๐Ÿ“œ๐Ÿ“š๐Ÿ“–โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”“
*Majmu’ah Riyadhussalafiyyin*
โ”—โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”๐Ÿ“–๐Ÿ“š๐Ÿ“œโ”›

*๐ŸŒพ๐ŸŒป๐Ÿ—’ SYIRIK ITU SANGAT BERBAHAYA MESKIPUN KECIL*

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-โ€˜Utsaimin _rahimahullah_ berkata,

ูุตุงุญุจ ุงู„ุดุฑูƒ ุงู„ุฃุตุบุฑ ุนู„ู‰ ุฎุทุฑ ูˆู‡ูˆ ุฃูƒุจุฑ ู…ู† ูƒุจุงุฆุฑ ุงู„ุฐู†ูˆุจุŒ ู‚ุงู„ ุงุจู† ู…ุณุนูˆุฏ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ู„ุฃู† ุฃุญู„ู ุจุงู„ู„ู‡ ูƒุงุฐุจุง ุฃุญุจ ุฅู„ูŠ ู…ู† ุฃู† ุฃุญู„ู ุจุบูŠุฑู‡ ุตุงุฏู‚ุง.

“Pelaku syirik kecil berada pada bahaya besar (karena) dosanya lebih besar dari semua dosa-dosa besar (yang tingkatannya di bawah syirik dan kufur). โ€˜Abdullah bin Masโ€˜ud _radhiyallahu โ€˜anhu_ berkata, ‘Sungguh bersumpah dengan nama Allah dalam keadaan dusta lebih aku sukai daripada bersumpah dengan selain-Nya dalam keadaan jujur’.”

๐Ÿ“– Sumber:
_Al-Qaul al-Mufid_, hlm. 124.

โœ๐Ÿป *Catatan*:

โ€˜Abdullah bin Masโ€˜ud _radhiyallahu โ€˜anhu_ menyebutkan bahwa bersumpah dengan Nama Allah dalam keadaan dusta lebih beliau sukai. Hal ini bukan berarti boleh berdusta dalam bersumpah, tetapi maknanya bahwa perbuatan ini lebih ringan dosanya daripada bersumpah dengan selain Allah meskipun jujur, karena perbuatan tersebut termasuk dari syirik kecil yang tingkatan dosanya lebih besar dari dosa-dosa besar.

_Wallahu a’lam._

๐Ÿ–‹ Oleh: Ustaz Abu Fudhail ‘Abdurrahman Ibnu ‘Umar _hafizhahullah_.

โž– โž– โž– โž– โž–
๐Ÿ•Œ _โ€œTetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.โ€_

๐Ÿ“ฒ *Ayo Join dan Share*:
โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
๐Ÿ“š Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
๐Ÿ–ผ Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
๐ŸŒ Kunjungi:
www.riyadhussalafiyyin.com