TANBIHAT PENTING BAGI PARA PENGGUNA HANDPHONE (Bag- 3)

Luar biasa manfaat whatsapp bagi seorang muslim yang aqil dan rosyid. Untuk keperluan diniyah itu tentu yang utama. Selebihnya untuk kemanfaatan ‘jibiliyah’ seperti komunkasi dengan keluarga, rekan-rekan dan hal-hal yang fositip lainnya.

Selain murah dan mudah, sarana ini lebih terjaga dan terhijab daripada sarana-sarana media maya yang lain untuk mendapatkan ilmu-ilmu diniyah. Ketimbang harus membuka internet browsing terlebih dahulu. Yang tentunya akan memakan waktu, lebih sulit dan….sering salah alamat.

Media sosial ini juga menyediakan fasilitas group yang sangat memudahkan untuk berbagi faedah dengan akses tercepat dan termudah. Itulah yang menjadi alasan mengapa kita lebih memilih Whatsapp dibandingkan dengan media-media lain yang ada.

Oleh sebab itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui aturan main ketika berinteraksi melalui whatsapp. Berikut sedikit uraiannya:
—————–

KRITERIA SEORANG ADMIN

– Seorang admin ibaratnya adalah tuan rumah. Maka hendaklah dia memerhatikan tamu-tamu yang ingin masuk, mana yang pantas diterima dan mana yang harus ditolak

– Seorang admin yang telah berazam untuk mengelolah sebuah majmu’ah (forum group) diharapkan mampu bertanggungjawab atas keabsahan semua informasi yang diposting

– Seorang admin hendaknya mampu memilih dan memilah mana artikel yang layak diposting dan mana yang tidak, kecuali jika di antara anggota majmu’ah telah ada yang ditunjuk sebagai wakil dari admin.

ETIKA YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH ANGGOTA MAJMU’AH/GRUP

1. Point pertama yang harus diperhatikan oleh seorang muslim adalah memperhatikan dan mengkroscek majmu’ah yang akan dia masuki. Karena majmu’ah sama kedudukannya seperti teman duduk dan guru tempat menimba ilmu. Maka pilihlah majmu’ah yang beraqidah serta bermanhaj lurus.

—————–
DANGEROUS
“ WASPADALAH dengan ajakan-ajakan group yang tidak dikenal. Sekarang ini para sales MLM SEDANG GENCAR- GENCARNYA MENCARI ‘PELANGGAN’. Bisa jadi suatu saat mereka akan mengunjungi nomor antum. Jika pada tampilan whatsapp antum tiba-tiba terdapat GROUP BARU YANG TIDAK ANTUM KENAL, MAKA SEGERALAH
DIKROSCEK, siapa admin dan anggota-anggotanya.“
—————-

2. Tidak sepantasnya bagi seorang muslim IKHTILAT dalam sebuah majmu’ah. Sebab yang demikian ini bisa menimbulkan fitnah.

—————-
PERTANYAAN :
“Apakah boleh bagi kita (admin) mengelolah sebuah
group yang beranggotakan ummahat, dalam keadaan mereka hanyalah sebagai pembaca pasif?”
Jawabannya, tentu tidak boleh. Mengapa? Antum mesti tahu bahwa di dalam sebuah group, kita bisa melihat semua profil anggota. Nah….antum lihat bukan, gambar apa saja yang terdapat pada masing-masing profil ummahat? Ada gambar bunga , ada gambar hati , dan banyak lagi.

Belum lagi tulisan-tulisan pada profil. Semuanya bernuansa kewanitaan. Maka mestinya hal ini ditinggalkan.
————-

3. Jangan chating-menchating yang sifatnya pribadi di dalam forum majmu’ah

4. Bagi yang ingin keluar dari majmu’ah diharapkan untuk meminta izin terlebih dahulu, baik kepada admin maupun kepada anggota majmu’ah lainnya. Hal ini supaya tidak menimbulkan sangkaan sangkaan yang kurang baik dari admin dan segenap anggota.

ADAB MEMPOSTING ARTIKEL (DALAM MAJMU’AH YANG MENGISYARATKAN KEILMIAHAN)

1. Memilih materi artikel yang ilmiah dan bisa difahami oleh para pembaca

2. Artikel yang akan diposting benar-benar artikel yang berisikan muatan-muatan ilmiah dan syar’iyyah

3. Mencantumkan sumber nukilan dan rujukan isi artikel yang diposting

4. Menyertakan text asli atau menyediakan link text asli, jika artikel menyangkut dengan terjemahan bahasa.

5. Meneliti kembali isi artikel dengan teliti (minimal dibaca lagi tiga kali). Pastikan tidak ada lagi kesalahan fatal di dalam artikel, baik dari sisi muatan materi maupun tata bahasa – sebelum artikel dikirim

6. Artikel dikirimkan kepada admin atau wakil yang telah ditentukan oleh admin forum. Karena merekalah yang berhak apakah artikel tersebut memang layak diposting ataukah tidak

————
PENTING
Dihimbau bagi para penulis artikel yang bernuansa rudud (bantahan) atau seperti ‘DAFTAR DA’I-DA’I
MENYIMPANG, ‘DAFTAR ASATIDZAH YANG DIREKOMENDASI’ dan yang sejenisnya -agar supaya MENCANTUMKAN TANGGAL PENULISAN ARTIKEL. Hal ini supaya tidak membingungkan para pembaca tatkala suatu saat ada di antara objek yang ternyata telah berubah mauqif. Dalam keadaan artikel tersebut masih beredar.
————

ADAB MENUKIL ARTIKEL DARI MAJMU’AH LAIN (SHARING/FORWARD)

1. Pastikan bahwa yang anda nukil adalah benar-benar dari group/situs/blog yang bermanhaj ahlussunnah.

2. Pastikan bahwa pada artikel yang akan anda sharing tersebut memiliki maroji’ kitab yang dibahas

3. Sertakan sumber group/situs/blog yang anda nukil tersebut

4. Jangan sekali-kali menukil artikel yang tidak jelas, baik sumber ataupun aqidah dan manhajnya

5. Jangan merubah isi artikel tanpa seizin penulis

ADAB SALING MEMBERIKAN MASUKKAN DAN KRITIKAN

Telah menjadi tuntunan agama ini bahwa barangsiapa yang melihat dan mendapatkan kekeliruan dari saudaranya maka hendaklah dia memberikan nasehat kepadanya. Maka demikian pula bagi siapapun yang mendapatkan kesalahan saudaranya di dalam forum group – maka hendaklah dia mengingatkannya. Yang kami maksudkan adalah kekeliruan dari isi materi postingan, baik yang berkaitan dengan materi diniyah ataupun yang berkaitan dengan informasi umum lainnya di dalam forum group. Berikut adalah point-point terkait:

1. Etika di dalam memberikan kritikan dan masukkan yang baik adalah agar hendaknya orang yang memberikan masukkan tersebut menyampaikannya langsung kepada pemilik artikel. Atau bisa melalui admin supaya disampaikan kepada yang bersangkutan.

2. Jangan melontar KRITIKAN LANGSUNG MELALUI FORUM GROUP. Sebab hal ini bisa menimbulkan jidal dan adu argumen. Demikian juga akan menimbulkan penilaian yang kurang baik, bahkan perselisihan.

3. Hendaklah orang yang mendapatkan masukan dan kritikan menerima dengan lapang dada dan
MENJELASKAN POINT KESALAHANNYA KEMUDIAN MERALATNYA. Tentunya hal ini melalui admin group, kecuali jika dia telah diberikan izin untuk melaratnya langsung ke dalam forum.

4. Jika memang sang pemilik artikel tidak mau menerima kritikan, juga enggan meralat kesalahannya maka HENDAKNYA BAGI ADMIN UNTUK MENJELASKAN KESALAHANNYA KE DALAM FORUM GROUP SEBAGAI RUDUD ATAS PELAKU KESALAHAN.

5. Masih terkait dengan point keempat, jika kritikan telah di sampaikan namun PEMILIK ARTIKEL TERLAMBAT MERALAT KESALAHANNYA, SEMENTARA ARTIKEL TERSEBUT TELAH TERSEBAR LUAS MAKA TUGAS ADMIN ADALAH MENJELASKAN KEKELIRUAN ARTIKEL TERSEBUT KEMUDIAN MERALATNYA.

MEMASANG TEXT, ICON DAN GAMBAR PROFIL
– Tampilkanlah tulisan yang baik dan positif.
– Jangan sekali-kali menampilkan foto pribadi atau siapapun pada profil

– Tidak menggunakan icon-icon gambar makhluk hidup yang memiliki ruh, baik icon profil ataupun icon dalam chating.
– Hindari penggunaan gambar emoticon.

_________
Jika anda memang butuh memberitahu keadaan feeling (perasaan) penulis, maka tambahkan tulisan bertanda kurung, seperti: (senyum), (bingung), (heran) dan lain-lain.

————
– Jangan menggunakan icon-icon berikut:

 Gereja
Hotel maksiat
 Pohon natal
 Lambang zionis
Bendera zionis
 Budha
 Khomr
Dadu
 Tokong budha
 Gantungan imlek

Alat-alat musik
Bola bilyar
 Rokok
Kue ulang tahun
(Kecuali jika memang sesuai pada tempatnya. Seperti untuk menampilkan contoh)

– Beberapa simbol yang kontraversi ↔

Gambar jantung ( hati, menurut versi Indonesia).
Sebagian membolehkan tanda ini karena ia hanya sekedar menunjukkan bentuk hati, dan tidak ada unsur lainnya. Sebagiannya menyebutkan tentang larangannya sebagaimana yang telah disebutkan dari fatwa syaikh Bin Baz. Wallahu a’lam.

Gambar bintang.
Walaupun ada pendapat yang menyebutkan laranganya namun insya Allah tidak mengapa, sebab gambar ini hanyalah aemata-mata bentuk bintang dan tidak ada unsur keyakinan tertentu.

Gambar daun sakura.
Sebagian orang mengatakan bahwa ini adalah gambar daun ganja. Namun yang benar adalah daun sakura, berdasrkan bentuk dan warnanya.

Gambar bintang segi delapan (w.a versi lama)
Kata mereka, ini adalah lambang yahudi. Namun yang benar bahwa lambang yahudi itu berbentuk segi enam, bukan segi delapan.
———

 TANBIHĀT LAINNYA (revisi)

1. PENTING BAGI PARA AKHWAT, SUPAYA MENUTUP KAMERA DEPAN SEBAB SANGAT MEMUNGKINKAN BAHWA BEBERAPA APLIKASI SMARTPHONE TERDAPAT PENANGKAP GAMBAR OTOMATIS TANPA SEPENGETAHUAN PEMILIK HANDHPONE.

2. JANGAN MENYIMPAN DATA PENTING DI DALAM MEMORI INTERNAL ATAUPUN EKSTERNAL, SEBAB SUATU SAAT BISA JADI DATA ANTUM AKAN DICOPY OTOMATIS OLEH SMATRPHONE KEMUDIAN DIKIRIM KE TANGAN ORANG LAIN.

3. Ketika anda ingin mengirim pesan kepada pribadi tertentu, pastikan bahwa anda telah memasuki halaman chating nomor tujuan. Sebab, sudah berapa banyak sms pribadi yang bersifat rahasia -ternyata terkirim ke halaman forum group.

4. Jauhkan handphone dari jangkauan anak-anak atau aktifkan mode pesawat

Demikian…..Semoga bermanfaat. Wa barokallahu fiikum.

Akhukum fillah,
Abu Fadhilah al Pasimiy

https://abudawudalpasimiy.wordpress.com/