TANBIHAT PENTING BAGI PARA PENGGUNA HANDPHONE

Apabila kita lihat dari kaidah ushul, maka handpone termasuk sesuatu yang pada asalnya tidak memiiki hukum tersendiri pada zatnya, sampai jelas apa tujuan menggunakannya. Jika untuk kebaikan maka dia dihukumi sebagai washilah kepada kebaikan. Namun jika digunakan untuk kejelakan, kemungkaran dan permusuhan maka hukumnya haram.

Lalu bagaimana dengan handpone anda? Apa yang anda lakukan dengannya?

Tentu jawabannya tidak lepas dari tiga kemungkinan. Bisa jadi dia gunakan murni untuk kebaikan. Bisa jadi dia gunakan murni untuk kejahatan dan kemaksiatan. Atau bisa jadi – terkadang dia gunakan untuk kebaikan dan terkadang pula dia gunakan untuk kemaksiatan. Dan yang ketiga ini adalah persentase yang paling banyak.

———————–
Thoyyib….
Kepanjangan tulisan khawatir malah tidak dibaca. Kita langsung saja masuk ke point-point tanbihãt !!
———————

POINT-POINT YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH PARA PENGGUNA HANDPHONE :

1. Niatkan bahwa tidaklah anda menggunakan handphone kecuali hanyalah untuk kebaikan saja

2. TAKUTLAH KEPADA ALLAH Subhanahu Wata’ala akan fitnah-fitnah dunia

3. JANGAN sekali-kali MEMBUKA ATAU MENDOWLOAD GAMBAR-GAMBAR PEREMPUAN, APALAGI GAMBAR SERONOK YANG BISA MEMBANGKITKAN BIRAHI.

4. Jangan coba-coba membuka operamini ataupun yang semisalnya jika tidak terlalu perlu

——————-
PENTING
Jika memang diperlukan masuk ke operamini atau yang semisalnya untuk tujuan kebaikan maka jangan tergesa-gesa masuk ke google. Pastikan terebih dahulu situs –yang bebas dari maksiat- yang akan anda masuki, lalu isikan langsung ‘www.’ pada mesin pencari situs.

Tapi jika tidak memungkin bagi anda untuk mendapatkan situs tersebut kecuali harus melalui ‘mbah google’ maka pastikan bahwa anda telah MENON-AKTIFKAN PENAMPILAN GAMBAR.
——————-

5. Jangan menyimpan nomor-nomor perempuan yang tidak anda kenal dan bukan pula mahram anda

6. Jangan merasa tenang dengan membuka internet di tempat yang sepi.

——————–
INGAT….Rabbmu telah berfirman:
“ Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya” (Qaf: 16)

Namun di sisi lain, ketika anda bersepi-sepi dengan media internet anda…. syaithanpun tak ingin ketinggalan ‘jatah’. Dia akan selalu membisikimu: “Ayolah boy….!! Buka sajalah itu gambar ‘artisah’….Mumpung sepi…!! Sekali-kali gak papa lah….kan Allah Maha Pengampuu…n. Habis lihat ‘itu gambar’…tinggal sholat dua reka’at. Habis dah dosanya….!!!!!

Ingatlah kata sebagian salaf:
“Janganlah kamu berbangga dengan banyakknya ibadahmu, sebab kamu tidak mengetahui mana di antara ibadahmu itu yang diterima oleh Allah.

Dan jangan pula kamu berbangga dengan tobatmu, sebab kamu tidak mengetahui apakah tobatmu itu telah diterima oleh Allah” -atau dengan ucapan yang semakna-
————————

7. Jangan terlalu sibuk membuka handphone untuk sesuatu yang tidak bermanfaat

8. Jangan meminjamkan handphon atau kartu memori anda kepada orang-orang yang memiliki kebiasaan jelek seperti pecandu MotoGP (Melihat foto dan Gambar Porno). Sebab sangat memungkinkan handphone atau kartu memori anda dipergunakan untuk hasrat candunya.

9. Ababila anda membeli HB (Handphone Bekas) maka pastikan bahwa file handphone tersebut berikut kartu memorinya telah dibackup oleh penjualnya lalu diformat bersih

10. Berdo’alah kepada Allah Ta’ala agar diselamatkan dari segala fitnah yang menyesatkan

PENTING

CONTOH BEBERAPA KASUS NA’AS YANG TELAH TERJADI AKIBAT INTERNET

1. Telah banyak kaum muslimin yang terjerumus bahkan KECANDUAN MELIHAT GAMBAR-GAMBAR HARAM akibat coba-coba masuk ke media internet via handphone

2. Sebagiannya juga telah kecanduan mendengar musik dan nyanyian-nyanyian haram. Dan semua musik hukumnya haram

3. Terjatuhnya anak-anak kaum muslim kepada PERGAULAN DUNIA LUAR akibat telponan dan chatingan via hanphone dengan lawan jenisnya ajnabi

4. PERSELINGKUHAN ataupun suami muslim ataupun istri muslimah akibat belenggu facebook

5. Permusuhan akibat REBUTAN CEWEK yang berawal dari facebook

6. PERGAULAN BEBAS antar muslim-muslimah, muslim-kafirah dan muslimah-kafir dari perantara handphone

————–
Barangkali ada yang menyangkal: “Ah…kalo aku sih,,, mustahil berbuat gituan”

Mungkin syaithan ‘nyengir’ mencibir saat mendengar ucapanmu. Sebab hari ini bolehlah anda berkata seperti itu. Namun lihatlah ke ‘seberang sana’. Dahulu sebagian mereka yang telah terjatuh kepada lumpur kemaksiatan itu –pun sama mengucapkan sepertia apa yang anda ucapkan. Bahkan sebagian mereka dahulunya mungkin lebih alim dan lebih ta’at ketimbang anda. Toh….. akhirnya jatuh juga.
————–

8. LARINYA ANAK-ANAK KAUM MUSLIMIN DARI MA’HAD-MA’HAD mereka akibat pengaruh handpone dan teman-temannya yang bebas menggunakan internet

9. Tidak terpenuhinya tugas-tugas rumah tangga akibat kesibukan para suami-istri dengan handphone.

10. Dan banyak lagi contoh lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Jika hari demikian keadaannya, lalu bagaimana dengan sepuluh tahun ke depan? Atau duapuluh tahun ke depan? Bagaimana dengan anak cucumu nanti?

Maka hati-hatilah wahai kaum muslimin. Perkara ini bukan main-main, maka jangan terlalu banyak main-main dengan handpone anda. BUKANNYA TIDAK BOLEH…..AKAN TETAPI GUNAKANLAH UNTUK KETA’ATAN. INGATLAH bahwa ketika anda membuka handpone anda – ALLAH SENANTIASA MELIHAT APA YANG ANDA LAKUKAN DENGANNYA….!!!
———-

Nasehat ini tidak akan pernah basi. Maka SEBARKANLAH !

Demikian dan semoga bermanfaat bagi segenap kaum muslimin, dan kami mengharap pahala dari Allah Ta’ala…..
Wa Barokallahu fiikum….

Akhukum fillah,
Abu Dawud al Pasimiy

 

https://alpasimiy.com/category/appsalafy2/