​Daging Kurban Dibagikan Ketika Sudah Dimasak atau Mentah

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menyatakan bahwa hadiah atau sedekah (dengan daging kurban) itu dengan daging mentah belum dimasak:

ﺛﻢ ﺇﻥ ﺍﻹﻫﺪﺍﺀ ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺎﻟﻠﺤﻢ ﺍﻟﻨﻴﺊ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﻤﻄﺒﻮﺥ، ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﻭﺿﺤﻴﺖ ﻓﺄﺭﺳﻞ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻔﻘﺮﺍﺀ ﻣﺎ ﺗﻴﺴﺮ، ﻭﺃﻫﺪﻱ ﺇﻟﻰ ﺟﻴﺮﺍﻧﻚ ﻭﺃﺻﺪﻗﺎﺋﻚ ﻣﺎ ﺗﻴﺴﺮ ﻭﻛﻞِ ﺍﻟﺒﺎﻗﻲ .

“Kemudian memberi hadiah atau sedekah (dengan daging kurban) itu dengan daging mentah belum dimasak. Jika datang hari idul adha kemudian engkau berkurban, lalu engkau mengirimkan yang dimudahkan kepada orang-orang fakir miskin, dan memberi hadiah kepada tetanggamu dan teman karibmu yang dimudahkan dan makanlah sisanya.” (Fatawa Nur ‘Ala Ad-Darb rekaman yang ke 123)

Namun tidak berarti bersedekah dan memberi hadiah dengan daging kurban masak tidak boleh, di sana ada fatwa haiah kibar ulama

Pertanyaan : Apakah hukumnya menyembelih qurban, dan mana yang lebih utama, dagingnya dibagikan mentah atau matang, karena ada yang mengatakan bahwa sepertiga dari daging hewan qurban yang dikhususkan untuk bersedekah tidak boleh dimasak dan tidak boleh dipotong-potong tulangnya ?

Jawab : Menyembelih hewan qurban hukumnya sunnah kifayah, dan sebagian ulama ada yang mewajibkannya (fardlu ‘ain), mengenai pembagian dagingnya, baik dalam keadaan dimasak atau mentah boleh keduanya, dan disyari’atkan agar yang berqurban memakan sebagian dari qurbannya, menghadiahkannya (kepada kerabat atau tetangga dll) serta bersedekah. (maksudnya agar daging hewan qurban tersebut, dibagi menjadi tiga bagian : pertama untuk dimakan oleh yang berkurban dan keluarganya, kedua dibagikan kepada kerabat, tetangga atau kenalan dan ketiga untuk kaum faqir-miskin.) (Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah No 9563)

Dari Abi Dzar Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wahai Abu Dzar, jika engkau memasak maraq, maka perbanyaklah airnya dan bagilah dengan tetanggamu.” (HR. Muslim) Maraq biasanya dari daging atau lauk lainnya.

ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ : ﻣﺎ ﻫﻮ ﺣﻜﻢ ﺍﻷﺿﺤﻴﺔ، ﻭﻣﺎ ﻫﻮ ﺍﻷﻓﻀﻞ، ﻫﻞ ﺗﻘﺴﻢ ﻟﺤﻤﺎ ﺃﻡ ﻃﺒﺨﻬﺎ ﺃﻓﻀﻞ؟ ﻋﻠﻤﺎ ﺃﻥ ﻓﻴﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﻘﻮﻝ : ﺇﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﻠﺚ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺘﺼﺪﻕ ﺑﻪ ﺃﻥ ﻳﻄﺒﺨﻪ ﺃﻭ ﻳﻜﺴﺮ ﻋﻈﻤﻪ . ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ : ﺍﻷﺿﺤﻴﺔ ﺳﻨﺔ ﻛﻔﺎﻳﺔ، ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﺾ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ : ﻫﻲ ﻓﺮﺽ ﻋﻴﻦ، ﻭﺍﻷﻣﺮ ﻓﻲ ﺗﻮﺯﻳﻌﻬﺎ ﻣﻄﺒﻮﺧﺔ ﺃﻭ ﻏﻴﺮ ﻣﻄﺒﻮﺧﺔ ﻭﺍﺳﻊ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺍﻟﻤﺸﺮﻭﻉ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﻥ ﻳﺄﻛﻞ ﻣﻨﻬﺎ، ﻭﻳﻬﺪﻱ، ﻭﻳﺘﺼﺪﻕ . ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ . ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ ﺍﻟﺪﺍﺋﻤﺔ ﻟﻠﺒﺤﻮﺙ ﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻭﺍﻹﻓﺘﺎﺀ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ ‏( 9563 ‏) ﻋﻀﻮ … ﻧﺎﺋﺐ ﺭﺋﻴﺲ ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ … ﺍﻟﺮﺋﻴﺲ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻏﺪﻳﺎﻥ … ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺯﺍﻕ ﻋﻔﻴﻔﻲ … ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺑﺎﺯ http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=53351

ﻭﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺫﺭ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ )) : ﻳﺎ ﺃﺑﺎ ﺫﺭ ، ﺇﺫﺍ ﻃﺒﺨﺖ ﻣﺮﻗﺔ ؛ ﻓﺎﻛﺜﺮ ﻣﺎﺀﻫﺎ ﻭﺗﻌﺎﻫﺪ ﺟﻴﺮﺍﻧﻚ (( ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ

Daging Kurban Dibagikan Ketika Sudah Dimasak atau Mentah