*بــــــــــــــسم اللّــــــــــــه الرّحمن الرّحيـــــــم*

🍃🌻 *TERCELANYA BERMUKA DUA* 🌻🍃

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan :

Dzul wajhain adalah seorang yg mendatangi orang-orang ini dengan satu wajah dan mendatangi orang-orang yg sana dengan wajah lain lagi. Sebagaimana yg dilakukan kaum munafik :

وَإِذَا لَقُواْ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قَالُوٓاْ ءَامَنَّا وَإِذَا خَلَوۡاْ إِلَىٰ شَيَٰطِينِهِمۡ قَالُوٓاْ إِنَّا مَعَكُمۡ إِنَّمَا نَحۡنُ مُسۡتَهۡزِءُونَ

“Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”
Al-Baqarah 14

Ini ditemukan pada banyak manusia waliyadzu billah. Dan ini salah satu cabang kemunafikan. Engkau dapati dia jika mendatangimu dia menyanjungmu dan memujimu, kadang dia berlebihan dalam memujimu.

Akan tetapi jika ia dibelakangmu dia mencelamu dan mencacimu dan menjelekanmu dengan sesuatu yg tidak ada pada dirimu. Dan ini waliyadzu billah seperti yg Nabi shallallahu alaihi wasallam sabdakan
:
تجد من شر الناس يوم القيامة عند الله ذا الوجهين الذي يأتي هؤلاء بوجه وهؤلاء بوجه.

“Engkau dapati sejelek-jelek manusia di sisi Allah adalah dzul wajhain dia mendatangi yg ini dengan wajah lalu mendatangi yg itu dengan wajah lain lagi.”
HR. Bukhari

Dan ini termasuk dosa besar karena Nabi shallallahu alaihi wasallam menyebutkan pelakunya sebagai sejelek-jelek manusia.

📑 Syarh Riyadh Ash-Shalihin 4/186

⏩|| Grup Whatsapp Ma’had Ar-Ridhwan Poso

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo

🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁