โ€Œโ€Œ๐Ÿƒ๐ŸŒป *TERKADANG AZAB KUBUR ITU BISA DIDENGAR OLEH SEBAGIAN KITA*

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah

Pertanyaan :

Ada seorang yang rumahnya dekat kuburan dan orang ini mengatakan sesungguhnya di akhir malam dia pernah mendengar suara rintihan yang datang dari arah kubur. Apakah benar kejadian semisal ini?

Jawaban :

Ya, sejumlah ulama menukilkan bahwasanya ini bisa terjadi, seorang mendengarkan sebagian suara orang-orang yang sedang di azab. Kita mohon kepada Allah keselamatan.

Dan Nabi ๏ทบ pernah melewati dua buah kubur. Kemudian beliau mendengar azab yang dialami keduanya, lalu beliau mengabarkan kepada manusia akan hal itu, beliau mengatakan :

ุฃู…ุง ุฃุญุฏู‡ู…ุง ููƒุงู† ูŠู…ุดูŠ ุจุงู„ู†ู…ูŠู…ุฉุŒ ูˆุฃู…ุง ุงู„ุขุฎุฑ ููƒุงู† ู„ุง ูŠุณุชุชุฑ ู…ู† ุงู„ุจูˆู„

โ€œAdapun salah satunya maka dia dulu dulu suka mengadu domba, adapun yang satunya maka dia ini tidak menjaga dari air kencing.โ€

Kita memohon keselamatan kepada Allah.
Telah mengabarkan kepadaku sebagian manusia sekitar empat puluh tahun lalu, bahwasanya dia menziyarahi kubur bibinya di satu pekuburan. Lalu dia mendengar suara teriakan dalam kuburnya, padahal sudah lama berlalu hari kematiannya. Dan sebelumnya manusia sudah mengabarkan hal itu kepadanya. Maka dia pun pergi untuk memastikan hakekat sebenarnya. Maka dia pun mendengar seperti apa yang didengar oleh manusia.
Kita memohon keselamatan kepada Allah.

Ibnu Rajab rahimahullah menyebutkan dalam kitab โ€œAhwal Qubuurโ€ sebuah kitab karya Ibnu Rajab rahimahullah yang berjudul โ€œAhwalul Qubuurโ€ beliau menyebutkan di dalamnya sejumlah kejadian semisal ini. Kita memohon kepada Allah keselamatan, La haula walaa quwwata illa Billah.

Allah kadang memperlihatkan kepada hambaNya satu ibrah (pelajaran), ketika Allah tampakkan kepada sebagian manusia perkara-perkara seperti ini, dalam rangka untuk memperingatkan mereka, untuk menyadarkan mereka, agar mereka bisa mengambil pelajaran dan tersadar.
Kita mohon kepada Allah keselamatan.

Pembawa acara : Allahul mustaโ€™an. Kita mohon kepada Allah semoga Dia mencatat untuk kita dan anda amalan saleh yang menyelamatkan kita semuanya ada di azabNya.

๐Ÿ“‘ Fatawa nur ala Ad-Darbi 14/16

#dengar #adzab #kubur

๐Ÿ“š *WhatsApp Salafy Online 3*

๐Ÿ–‡ *Sumber Artikel:*
โฉ|| Grup Whatsap Maโ€™had Ar-Ridhwan Poso
http://telegram.me/ahlussunnahposo https://mahad-arridhwan.com/3817/

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ