TIDAK ADA SHOLAT KHUSUS PADA BULAN RAJAB

✍ Ibnu Rajab rahimahullah berkata :

❌ “Tidak ada riwayat yang shohih tentang adanya sholat khusus pada bulan Rajab.
Adapun hadits-hadits tentang keutamaan sholat Roghoib pada malam Jum’at pertama di bulan Rajab adalah perkara yang dusta, batil dan tidak sohih riwayatnya.
Menurut jumhur Ulama, sholat ini adalah bid’ah.

📚 Lathoiful Ma’arif 213

TIDAK ADA PUASA KHUSUS PADA BULAN RAJAB

✍ Ibnu Rajab rahimahullah berkata :

“Adapun puasa, tidak ada riwayat yang shohih tentang keutamaan puasa pada bulan Rajab secara khusus satu hadits pun dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, tidak pula dari para sahabat.”

📚 Lathoiful Ma’arif 213

HADITS-HADITS TENTANG KEUTAMAAN RAJAB DAN SYA’BAN DALAM TIMBANGAN

✍ Oleh Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah

📨 Tanya:
Fadhilatus Syaikh, Apakah di sana terdapat hadits-hadits shahih tentang keutamaan masing-masing dari bulan Rajab dan Sya’ban dan keutamaan puasa pada bulan tersebut?

📮 Jawab:
❌ Tidak ada hadits shahih tentang keutamaan bulan Rajab, riwayat paling bagusnya adalah sebagaimana dikatakan oleh Syaikul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah:
Paling bagusnya riwayat tentang bulan Rajab adalah bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam apabila memasuki bulan Rajab beliau senantiasa mengucapkan:

“Ya Allah berikanlah barakah kepada kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan”.

➡ Hadits ini pun masih diperbincangkan keshahihannya, oleh karena itu tidak ada bedanya antara bulan Rajab dan bulan Jumadal akhirah yang sebelumnya kecuali hanya karena bulan Rajab termasuk bulan-bulan haram saja. Selain itu, maka tidak ada pada bulan Rajab puasa khusus yang disyariatkan, tidak ada sholat khusus yang disyariatkan, tidak ada pula umrah khusus yang disyariatkan, tidak ada ibadah khusus apapun, bulan Rajab seperti bulan yang lainnya.

☑ Adapun bulan Sya’ban memang memiliki keistimewaan dari yang lainnya, bahwasanya Nabi __shallallahu alaihi wa sallam__ banyak berpuasa pada bulan sya’ban, bahkan beliau berpuasa seluruhnya kecuali sedikit, maka sepantasnya untuk memperbanyak berpuasa pada bulan Sya’ban.”

📚 Silsilah Liqa’at Al Baabil Maftuh 174

➖➖➖
🔰 WhatsApp Salafy Lubuklinggau
🌎🏠http://t.me/salafylubuklinggau

Sumber:
🌎 WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Website Salafy Cirebon : www.salafycirebon.com

📳 Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah