💎💎💎 TIGA MACAM TINGKATAN DALAM BERDAKWAH KEPADA MANUSIA


✍ Asy-Syaikh Abdurrahman bin Hasan rahimahullah berkata :


✅ Ibnul Qayyim rahimahullah berkata tentang makna firman Allah ta’ala :


ٱدۡعُ إِلَىٰ سَبِیلِ رَبِّكَ بِٱلۡحِكۡمَةِ وَٱلۡمَوۡعِظَةِ ٱلۡحَسَنَةِۖ وَجَـٰدِلۡهُم بِٱلَّتِی هِیَ أَحۡسَنُۚ


Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan mau’izhah yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik.


Allah subhanallahu wa ta’ala menyebutkan tingkatan di dalam berdakwah dan Allah menjadikannya tiga bagian berdasarkan keadaan orang yang menjadi target dakwah. Yaitu :


1⃣ Mungkin orang itu menginginkan kebenaran, mencintainya dan lebih mengutamakannya dari yang lain, jika ia mengetahui kebenaran tersebut. Maka, orang ini didakwahi dengan hikmah (bijak), tidak perlu mau’izhah (perintah dan larangan yang berkait dengan dorongan dan ancaman) dan debat.


2⃣ Ada kemungkinan ia adalah orang yang sibuk dengan kebatilan, akan tetapi jika ia mengetahui kebenaran, niscaya akan mengutamakannya dan mengikutinya. Maka, orang ini perlu diberi nasihat berisi dorongan dan ancaman.


3⃣ Mungkin juga ia seorang penentang dan penolak kebenaran. Maka, orang ini didebat dengan debat yang baik. Jika ia mau kembali kepada kebenaran, maka itu yang diharapkan. Adapun jika ia tidak mau kembali, maka diajak dengan kekuatan apabila memungkinkan.


📚 Fathul Majid (81)


✍ قال الشيخ عبد الرحمن بن حسن رحمه الله :

وقال العلامة ابن القيم – رحمه الله تعالى – في معنى قوله تعالى: ﴿الآية﴾ ذكر سبحانه مراتب الدعوة وجعلها ثلاثة أقسام بحسب حال المدعو: فإنه إما أن يكون طالبا للحق محبا له، مؤثرا له على غيره إذا عرفه، فهذا يدعى بالحكمة، ولا يحتاج إلى موعظة وجدال. وإما أن يكون مشتغلا بضد الحق. لكن لو عرفه آثره واتبعه، فهذا يحتاج إلى الموعظة بالترغيب والترهيب. وإما أن يكون معاندا معارضا، فهذا يجادل بالتي هي أحسن. فإن رجع وإلا انتقل معه إلى الجلاد إن أمكن.

📚 فتح المجيد (٨١)



🌎 WhatsApp Salafy Cirebon

⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

🖥 Website Salafy Cirebon :

www.salafycirebon.com



📳 Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻