┏🇮🇩🔰🌸━━━━━━━━━━━━━┓
*SALAFY ONLINE*
┗━━━━━━━━━━━━━📚🕋📡┛
📲 *Join & Share :*
▶ *WhatsApp Salafy Online 10*
https://chat.whatsapp.com/DR4aRQHIKQcA7P0b9eYoPm
↘️ *Cannel Telegram*
https://telegram.me/salafyonline
#obat #perlindungan #wabah #bahaya

⚠️🛡️🗒 *UPAYA UNTUK PERLINDUNGAN DAN PENJAGAAN DARI PENYAKIT DAN HAL-HAL YANG MEMBAHAYAKAN* 🛡️

بـــــــســـم اللــــــــه

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله

Di tengah maraknya pemberitaan dan keresahan penduduk dunia tentang tersebarnya virus Corona, marilah kita mengingat kembali kepada petunjuk Allah melalui Rasul-Nya Muhammad _shallallahu ‘alaihi wa sallam_. Karena sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi adalah dengan kehendak dan ketetapan Allah.

Dan setiap perkara yang membahayakan atau mengkhawatirkan, maka sesungguhnya Allah telah menjelaskan obat/pencegahnya, sebagaimana pula virus Corona tersebut. Maka di samping upaya-upaya secara ilmiah dan medis yang telah diarahkan oleh pemerintah dan para ilmuwan, mari kita kuatkan pula pencegahan dan pengobatan secara _syar’i_ yang telah dituntunkan oleh Nabi kita. Berikut hal-hal yang disyariatkan dalam Islam untuk dapat mencegah dan mengatasi segala macam mara bahaya, termasuk penyakit-penyakit yang mengkhawatirkan:

*A. Iman dan takwa kepada Allah.*

Yaitu dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ketakwaan kepada Allah adalah salah satu sebab Allah menjaga hamba-Nya. Nabi mengatakan kepada Ibnu ‘Abbas,

احفظ الله يحفظك..

_”Jagalah Allah, niscaya Allah menjagamu..”_ (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad).

Artinya, jagalah syariat dan aturan Allah dengan tidak melanggar larangan dan tidak meninggalkan kewajiban, niscaya Allah akan menjaga dirimu, hartamu, dan keluargamu.

Maka keimanan serta ketakwaan adalah sebab keselamatan dan penjagaan Allah atas hamba-Nya.

*B. Beristighfar dan bertaubat.*

Memohon ampunan kepada Allah atas dosa-dosa dan kemaksiatan, karena sesungguhnya dosa-dosa dan kemaksiatan itu adalah sebab datangnya bala, musibah dan bencana.

Allah berfirman,

{ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ}

_”Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan, disebabkan oleh perbuatan tangan manusia. Allah ingin merasakan kepada mereka sebagian akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”_ (QS. Ar-Rum: 41)

Istighfar bukan hanya menggugurkan dosa, tapi juga mendatangkan kebaikan di dunia sebagaimana nabi Nuh mengatakan, _Maka aku katakan kepada mereka, “Mohonlah ampun kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, niscaya dengan begitu Dia akan mengirimkan hujan kepada kalian dengan berturut-turut serta memperbanyak harta dan anak-anak kalian serta mengadakan untuk kalian kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya sungai-sungai untuk kalian…”_ (QS. Nuh: 10-12)

*C. Zikir pagi dan petang.*

Nabi mengajarkan kepada kita beraneka ragam doa dan zikir yang fungsinya adalah memohon kepada Allah perlindungan dan penjagaan terhadap baik yang berupa gangguan jin, setan, dan segala yang mereka bawa, ataupun dari segala macam mara bahaya yang lainnya.

Di antara doa dan zikir tersebut adalah zikir pagi dan petang. Al-Imam Ibnul Qayyim berkata, “Zikir pagi dan petang seperti baju besi, semakin bertambah ketebalannya maka pemiliknya semakin tidak terkenai (oleh bahaya, -pent.). Bahkan kekuatan baju besi itu bisa sampai memantulkan kembali anak panah sehingga berbalik mengenai pemanahnya sendiri.”

Berikut sebagian dari doa dan zikir pagi petang yang memberi faedah pencegahan dari penyakit dan hal yang berbahaya:

*1. Bacaan Surat Al-Ikhlas dan Al Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) 3 kali setiap pagi dan petang.*

Keutamaannya: mencukupi orang yg membacanya untuk perlindungan dari segala sesuatu. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi dari Mu’adz bin Abdillah bin Khubaib dari ayahnya)

*2. Bacaan dua ayat yang terakhir dari surat Al-Baqarah:*

{آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ

وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ*لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ}

Keutamaan dari membaca kedua ayat tersebut, Nabi mengatakan, _”Dengan membaca kedua ayat tersebut pada malam harinya, maka kedua ayat tersebut mencukupi dia.”_ (HR. Bukhari)

*3. Bacaan zikir:*

*(أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى المُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وَحْدَهُ لا شَرِيكَ له، له المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهو علَى كُلِّ شيءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ ما بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بكَ مِن شَرِّ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَشَرِّ ما بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِنَ الكَسَلِ وَسُوءِ الكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِن عَذَابٍ في النَّارِ وَعَذَابٍ في القَبْرِ وإذَا أَصْبَحَ قالَ ذلكَ أَيْضًا: أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ المُلْكُ لِلَّهِ)*

“Kami memasuki waktu malam, dan sesungguhnya seluruh kerajaan adalah milik Allah. Segala puji baggi Allah, tiada sesembahan yang benar melainkan Allah, satu-satunya tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nyalah kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Ia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Rabb aku memohon kepadamu kebaikan pada malam ini, dan kebaikan pada sesudahnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pada malam ini dan keburukan pada sesudahnya. Ya Rabb aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di masa tua. Ya Rabb aku berlindung kepada-Mu dari azab di neraka dan azab di alam kubur.”, dan ketika pagi mengucapkan dengan lafal _ashbahna_. (HR. Muslim)

*4. Bacaan zikir:*

*بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ* ثَلَاثَ مَرَّاتٍ

Tidaklah ada seorang hamba yang mengucapkan di waktu pagi hari atau sore di malam hari (yang artinya), “Dengan Nama Allah yang tidak ada yang _memudharatkan_ bersamaan dengan nama-Nya (disebut) segala sesuatu di bumi maupun di langit dan Dia adalah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”, sebanyak 3 kali, maka tidak ada sesuatupun yang memudharatkan (membahayakannya) (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, disahihkan Ibnu Hibban dan Al-Albani)

*5. Bacaan zikir:*

*أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ*

Barang siapa yang mengucapkan ketika sore tiga kali (yang artinya), “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari keburukan makhluk. Tidak akan _memudharatkannya_ sengatan (binatang) pada malam itu.” (Suhail) berkata, “Keluarga kami mempelajarinya. Mereka berkata bahwa pernah anak perempuan mereka disengat (binatang) tapi tidak merasa sakit.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, disahihkan Ibnu Hibban dan Al-Albani).

*6. Bacaan zikir:*

*اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي وَاحْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي*

Dari Ibnu ‘Umar _radhiyallahu ‘anhu_ beliau berkata, Rasulullah _shallallahu ‘alaihi wa sallam_ tidak pernah meninggalkan doa ini ketika sore maupun pagi, “Ya Allah sesungguhnya aku meminta pemaafan dan afiat di dunia dan akhirat. Ya Allah sesungguhnya aku meminta pemaafan dan afiat pada dinku, dan kehidupan duniaku, keluargaku, dan hartaku. Ya Allah tutuplah auratku dan berilah perasaan aman dalam hatiku, dan jagalah aku dari arah depan, dari belakang, dari kanan, dari kiri, dari atas, dan aku berlindung kepada-Mu dari ditenggelamkan ke dalam bumi dari arah bawah.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, lafal sesuai Ibnu Majah, disahihkan Al-

Hakim dan Al-Albani).

*7. Bacaan zikir:*

*للَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ*

Dari ‘Abdurrahman bin Abi Bakrah bahwasanya ia berkata, wahai ayahku, sesungguhnya aku mendengar engkau berdoa setiap pagi, “Ya Allah berikanlah afiat pada badanku. Ya Allah berikanlah afiat pada pendengaranku. Ya Allah berikanlah afiat pada penglihatanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau.”, ‘Abdurrahman berkata pada ayahnya, anda mengulanginya 3 kali ketika pagi dan 3 kali ketika sore ….” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dihasankan Al-Albani).

*D. Beberapa zikir dan doa lain sehari-hari.*

1. Bacaan doa:

*اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ، وَالْجُنُونِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ*

“Ya Allah aku berlindung kepadamu dari penyakit belang, gila, lepra, dan dari penyakit-penyakit yang berbahaya.”
(HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Hibban)

2. Bacaan doa:

*اللَّهُمَّ جَنِّبْنِي مُنْكَرَاتِ اَلْأَخْلَاقِ، وَالْأَهْوَاءِ، وَالْأَعْمَالِ، وَالْأَدْوَاءِ*

“Ya Allah jauhkanlah aku dari kejelekan-kejelekan akhlak, hawa nafsu, perbuatan, dan penyakit-penyakit.” (HR. Al-Hakim).

3. Bacaan doa ketika tertimpa sakit:

Hendaknya dia meletakkan tangannya pada bagian tubuhnya yang sakit dan mengucapkan,

*بسم الله*
3 kali.
Lalu membaca doa:

*أَعُوْذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ*
7 kali.

“Bismillah. Aku berlindung kepada Allah dan dengan kekuasaan-Nya dari segala kejelekan apa yang aku dapati dan aku khawatirkan.” (HR. Muslim)

Demikian semoga yang sedikit ini bermanfaat, dan Allah senantiasa menjaga kita semua dalam kebaikan, kesehatan, dan keselamatan.

🖋 Oleh: _al-Ustadz ‘Abdurrahman Luki_ حفظه الله

🌏📑 Dikutip dan dicuplik dari berbagai sumber:

Jagalah Allah Niscaya Allah Menjagamu

Kunci-kunci Rejeki

https://www.atsar.id/2016/03/dzikir-pagi-dan-petang-seperti-baju-besi.html

https://www.atsar.id/2019/02/keutamaan-dzikir-pagi-dan-sore-petang.html

DZIKIR PAGI DAN SORE

https://binbaz.org.sa/fatwas/23144/ما-الدعاء-المشروع-عند-المرض

https://binbaz.org.sa/audios/2765/466-من-حديث-اللهم-اني-اعوذ-بك-من-منكرات-الاخلاق-والاعمال-والاهواء

📲 *Ayo Join dan Share*:
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📚 Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
🖼 Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
🌏 Kunjungi:
www.riyadhussalafiyyin.com