TERJEMAHAN KITAB:

••••••

       √Pertemuan ke 14 √

Pelajaran ke 8

⇨Tentang Adab-Adab Berolah Raga Dan Berjalan Di Jalanan⇦

Duhai anakku…

⇨Sesungguhnya engkau disebagian waktu luangmu, jangan merasa tidak butuh dari berolah raga, hingga (dengan berolah raga itu) dapat memperbaharui semangatmu dalam kegiatan belajarmu.

→Jika engkau keluar untuk berolah raga, maka pilihlah tempat-tempat yang bagus,yang  udaranya sejuk, dan hendaknya engkau tenang dan santai,

⇨Jangan engkau tergesa-gesa ketika berjalan, jangan mengolok-olok seorangpun di jalan, dan jangan engkau tertawa kecuali hanya sebatas tersenyum saja.

Duhai anakku…

⇨Jika engkau keluar untuk berolah raga, atau keperluan lainnya bersama saudara-saudaramu, hendaknya engkau berhati-hati dari menyakiti dari seorang pejalan kaki di jalan.

→Dan berhati-hatilah ketika sedang antri di jalan umum, jika jalanan tersebut luas, maka jalanlah berdua-dua, dan jika tidak, maka berjalanlah dengan sendirian satu persatu.

Duhai anakku…

⇨Sesungguhnya jalanan umum itu bukanlah milik pribadi. dan setiap pejalan kaki memiliki hak untuk melewatinya,

→maka jangan kalian berdesakan di jalanan, karena yang demikian itu dapat merendahkan kedudukan para penuntut ilmu yang mulia, dan menyebabkan hilangnya rasa hormat manusia kepada mereka.

Duhai anakku…

⇨Jika engkau melihat sekumpulan orang dijalan atau sekelompok dari mereka sedang berkelahi di jalan, hendaknya engkau berhati-hati dengan menghindari mereka dan tidak mendekati mereka, karena boleh jadi hal itu akan menjadi sebab engkau dilecehkan atau akan dituduh dengan sesuatu yang tidak engkau lakukan.

Duhai anakku…

⇨Jika  ada seseorang dari kalangan manusia yang berbuat jahat kepadamu di jalan, maka jangan engkau membalas kejahatan itu dengan yang semisalnya ,
→maafkanlah kedzaliman yang dilakukannya terhadapmu, semoga Allah ta’ala mengangkat kedudukanmu dengannya.

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.
{{OQs. Asy syura:40}}

Dengan akhlak yang indah inilah Allah ta’ala mengajarkan kita adab di dalam kitab-Nya yang mulia.

Bersambung InsyaAllah….

Ummu Aiman حفظها الله

”””””””””””””””””””””””
http:/tarbiyah-aulad.blogspot.com
”””””””””””””””””””””””’

         ✒WA  BILAAD ✒

Bagikan Komentarmu